Kamis, 14 Maret 2013

Ambitus Suara Manusia By Slamet Priyadi


Denmas Priyadi Blog | Jumat, 15 Maret 2013 | 11:45 WIB
Kelompok Vokal XII IPS 4
KITA KETAHUI  bersama bahwa setiap individu manusia memiliki suara yang berbeda-beda. Hal tersebut dikarenakan adanya perbedaan pada alat pembentuk suara seperti pita atau selaput suara yang dimiliki pada setiap orang. Di dalam referensi music, ambitus suara adalah batas kemampuan seseorang dalam menyuarakan atau menyanyikan wilayah nada suatu lagu. Jelasnya, ambitus suara adalah batas-batas wilayah nada yang bisa dicapai atau disuarakan oleh seseorang.

Adapun menurut ambitusnya, suara manusia bisa dikelompokkan ke dalam:

1.    Suara wanita:
a.    Sopran = Suara tinggi wanita, wilayah nadanya c’- a’’
b.    Mezo Sopran = Suara sedang wanita, wilayah nadanya a - f’’
c.    Alto = Suara rendah wanita, wilayah nadanya  f – d’’

2.    Suara pria :
a.    Tenor = Suara tinggi pria, wilayah nadanya  c – a’’
b.    Bariton = Suara sedang pria, wilayah nadanya  A – f’
c.    Bass = Suara rendah pria, wilayah nadanya  F – d’

3.    Suara anak-anak
a.    Suara anak-anak tinggi, wilayah nadanya  c’ – f’
b.    Suara anak rendah, wilayah nadanya  a – d’’
Pada anak-anak ambitus suaranya masih belum stabil dan masih bisa berubah. Hal yang demikian dikarenakan anak-anak masih dalam proses perkembangan, begitupun dengan alat pembentuk suaranya.

Bagi ada yang mempunyai hobi menyanyi atau berprofesi sebagai penyanyi, sebaiknya jangan pernah mencoba untuk memaksakan diri membawakan suatu lagu dengan nada dasar yang di luar jangkauan ambitus suaranya.  Jika hal ini masih dipaksakan juga, selain suara akan terdengar sumbang dan tidak harmonis, pita suarapun akan menjadi rusak.
Penulis:
Slamet Priyadi
"FORUM GURU SENI BUDAYA": AMBITUS SUARA MANUSIA By Slamet Priyadi

2 komentar:

  1. Terima kasih...
    Sangat bermanfaat...

    BalasHapus
  2. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

    BalasHapus