Sabtu, 04 Juli 2015

CATATAN PUISI BULAN JUNI 2 TAHUN 2015 KARYA sLAMET pRIYADI

Ki Slamet 42

“HENING CIPTA PIJAKAN ROHANI JIWA”
Karya: Ki Slamet 42

Samadi adalah hening cipta tuk mencari sasmita
Perihal warta batin di masa lampau dan di muka
Untuk dijadikan kuatnya dasar pijak rohani jiwa
Dalam hadapi bermacam godaan alam mayapada
Dimana kemewahan harta adalah derajat utama

Tetapi manusia acapkali seringlah lupa dan alpa
Sangat gandrung bahkan menjadi linglung harta
Melakukan kekutug, sesaji dan membakar dupa
Memohon kepada para lelembut dan roh Tetua
Agar ajeg terjaga segala derajat kewahan dunia

Berkasak-kusuk di belakang menusuk cari muka
Pandai bersilat lidah, dan berlembut tutur kata
Berkumat-kamit mantrai aji mumpung jala sutra
Agar semua tak berkutik tak bisa buat apa-apa
Terbelenggu dalam kelemahan atas pengaruhnya

Padahal hidup di alam maya hanyalah sementara
Segala harta, kemewahan, dan jabatan kan sirna
Yang hanya nikmat di awalnya, samsara akhirnya
Maka janganlah berbangga dan berbusung dada
Pabila Tuhan murka yang kau miliki sirna semua

Maka bersamadilah berhening cipta cari sasmita
Renungkan segala perilaku lampau  nan angkara
Untuk melangkah ke depan dalam putihnya jiwa
Terejawantah di  dalam tingkah polah laku raga
Yang selalu akan memancar di mana saja berada

Bumi Pangarakan, Bogor
Rabu, 17 Juni 2015 – WIB

 
“DIGANGGU HANTU JAIL”
Karya: Slamet Priyadi

Di Saat aku terjaga dari tidur lelap di perut malam
Aku buka sedikit gordyn jendela, gulita mencekam
Mataku menatap ke luar, di sana ada bayang hitam
Berkelebat di antara pepohonan, hati terasa seram
Tiba-tiba ada suara ba’ benda jatuh di atas genting
Jatuh tepat menggelinding seperti ada  di  samping
Perasaan seram, membuatku takut jalan berkeliling
Maka aku biarkan saja lanjutkan tidur juput guling

Jam dua tengah malam, saat aku sedang tulis puisi
Ada suara seperti memanggil nama istriku satu kali
Dari luar rumah sambil ketuk pintu dapur tiga kali
“Bu! Tok, tok, tok,” persis suara anakku yang pergi

Maka aku segera bangkit,  langkahkan kedua kaki
Menuju dapur ‘tuk buka pintu yang masih dikunci
Lalu kubuka pintu dapur, tetapi apa yang terjadi?
Di  luar tak ada siapa-siapa, bulu kudukku berdiri

Sudah tiga hari ini, setiap pukul dua tengah malam
Hantu jail, ganggu aku terus di saat menulis kalam
Tapi, ekspresi rasaku tentu tak akan bisa diredam
Hanya dengan menteror jiwa agar terus terpendam

Bumi Pangarakan, Bogor
Minggu, 14 Juni 2015 – 11:WIB

Top of Form

“MISTERI ORANG GILA”
Karya: Ki Slamet 42

Orang  gila  tua  itu bertubuh kurus dan kumal
Wajah l usuh  penuh peluh kotor dan  berdaki
Rambut  gimbal  dipenuhi  debu menggumpal
Berbaring di emper toko Indomaret yang sepi
Di tepi jalan  macet jalan raya Ciawi-Sukabumi

Sejak  aku mulai berangkat kerja pagi hari tadi
Hingga sampai aku pulang kerja di sore hari ini
Orang gila itu masih tak pernah beranjak pergi
Tak ada satu pun orang mau peduli dan empati
Pada orang  gila itu yang  nampak kurus kering

Sementara Jalan Raya Ciawi-Sukabumi sore hari
Kemacetan kendaraan semakinlah menjadi-jadi
Dipenuhi ratusan  kendaraan kampanye legislasi
Yang berputar lalu balik  arah sampai berkali-kali
Di sela-sela kendaraan orang gila itu aku hampiri

Aku sapa orang gila itu tapi tetap diam membisu
Hanya matanya saja yang  mendelik menatapku
Seperti  heran  ada  orang  yang memperhatikan
Dengannya orang gila yang tiada bermasa depan
Di emper toko Indomaret SPN Lido tanpa teman

Berapa  saat  kemudian  ia pun  duduk  senderan
Masih diam matanya menatap kosong ke depan
Tiada peduli  macet dan  suara bising kendaraan
Meski Hatiku berdebar gentar ada rasa sungkan
Ku beranikan duduk di sisiya ajukan pertanyaan

“Sedari pagi di sini,  apakah bapak sudah makan ?”
Orang tua gila itu tetap diam tak jawab pertanyaan
Hanya menggeleng-gelengkan kepalanya perlahan
Dan, kuambil dari dalam tas nasi rames bungkusan  
Lalu kepada orang tua gila itu nasi rames kuberikan

Pak, ini ada sebungkus nasi rames, silahkan dimakan
Orang gila tetap diam kepalanya digeleng-gelengkan
Berkata dengan terbata-bata, suara bicaranya  pelan
Nak, terimakasih atas segala kebaikan dan perhatian
Tapi sungguh,  bapak sudah tak butuh makan,  nak !

Dengar jawaban seperti itu, aku benar-benar heran
Dan menjadi tak habis pikir, “oya... begitukah, pak?
Jikalau demikian,  ini ada sedikit uang untuk bapak,
Barangkali ini akan bermanfaat untuk bapak kelak!
Aku ambil  uang seratus ribu dari dalam dompetku

Lagi-lagi,  aku menjadi dibuat heran tak habis pikir
orang gila tua itu tolak uang dariku seraya berkata,
“Nak, terimakasih! Bapak sudah tak butuh apapun
Dan baiknya,  berikan saja uang itu untuk keluarga
Semoga anak diberikan rizqi berlimpah dari Tuhan”

“Jika demikian adanya, saya mohon maaf, lho pak!
Atas sikap saya  telah membuat bapak tersinggung
Rumah saya di  dekat sini pak,  saya kembali dulu.”
“Oya,  terimakasih atas perhatiannya, selamat jalan!
Setelah berkata demikian itu, aku pun segera berlalu

Tapi baru tiga langkah kutinggalkan  orang tua gila itu
Seorang yang melihatku berbicara bertanya padaku,
“Maaf,  pak!  Tadi bapak sepertinya bicara sendirian,
 Dengan siapakah tadi bapak berbicara  di emper itu?”
Mendengar pertanyaan itu, aku jadi terheran-heran

Dan, aku menjadi benar-benar heran dan penasaran, 
Segera menoleh ke belakang tatap ke arah emperan
Tempat tadi aku menyapa,  bicara dengan orang  gila
Dan di sana, aku melihat memang tak ada siapa-siapa
Aku tak habis pikir, merasa heran dan bertanya-tanya

Sebenarnya, siapakah dan kemanakah orang tua gila
yang hilang lenyap begitu saja, pergi entah ke mana?
Orang yang bertanya kepadaku geleng-geleng kepala
Sementara aku berdiri terpaku  jadi melongo  terpana
Sejenak baru aku menyadari dengan apa yang terjadi

Hi hi hi,  aku jadi tertawa sendiri merasa geli dalam hati
Karena ternyata aku sendiri yang menjadi orang gilanya
sebab duduk sendiri dan bicara sendiri di emperan toko
Persis  di depan gapura  Sekolah KepolisianNegara, Lido
Hingga kini orang  gila itu keberadaannya masih misteri

Bumi Pangarakan, Bogor
Sabtu, 06 Juni 2015 – 02:30 WIB   


"BALADA RUMAH KOSONG"
Karya: Ki Slamet 42

Dalam rumah kosong yang dua tahun tiada berpenghuni
Kandung kisah misteri prilaku keji sang suami pada istri
Sebab emosi tak bisa dikendali hilang akal dan lupa diri
Lalu embunuh karena sang istri berbuat selingkuh pasti
Dengan kerabat keluarga yang bukan lain kakak sendiri

Saat tengah malam dari dalam rumah kosong itu muncul
Ke luar dua bayangan hitam  yang saling berpeluk gumul
Tertawa mengikik melayang berselendangkan kain kemul
Motif burung kukuk beluk di ranting pohon bergandul
Melayang-layang lenyap di balik gumuk semak gerumbul

Suatu ketika, di tengah malam Jumat kliwon nan kelam
Dari dalam rumah kosong berhantu dua jahanam hitam
Terdengar jeritan menyayat  menguak kesunyian malam
Seperti suara lolong anjing sekarat nyawa redup redam
Seperti bunyi genderang kematian ritual sesaji gendam

Aku intip dari jendela kamar bilik bambu warna gading 
Bulu kuduk bergidik, badan terasa bergetar merinding
Nampak terlihat dua hantu jahanam keluar bersanding
Dari kedua gigi taringnya mengucur darah hitam keling
Yang bau menebar di depan teras rumah kosong hening

Kedua mataku jadi tak bisa berpejam tiada rasa kantuk
Masih terlintas di mata kedua hantu jahanam terkutuk
Penghuni rumah kosong itu berkelebat tak berpungguk
Pagi hari ditemukan mayat, lehernya ada luka berlekuk
Bagai bekas luka gigit  dua burung hantu kokok beluk

Selidik punya selidik,  ternyata mayat itu adalah lelaki
Yang terpaksa membunuh sebab dikhianati sang isteri
Yang berselingkuh dengan  kakak kandungnya sendiri
Hingga dia emosi dan lupa diri lakukan perbuatan keji
Dengan membunuh sang istri, dan saudaranya sendiri

Konon dua hantu jahanam penghuni rumah kosong itu
Masih suka menampakkan diri dan muncul menggangu
Siapa saja yang tak dikenal dan kebetulan lewat di situ
Pada setiap malam Jumat kliwon dan di malam Minggu
Tapi yang kualami hantu itu tak pernah menggangguku

Bumi Pangarakan, Bogor
minggu, 07 Juni 2015 – 07:04 WIB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar